Apakah Menghafal Al-Qur’an Itu Sulit?

Motivasi326 Views
Santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin sedang menghafal al-Qur’an.

Ternyata, jawabannya adalah mudah. Allah Swt. memudahkan kaum muslimin yang ingin menghafalkan al-Qur’an.

“Dan sungguh, telah kami mudahkan al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. al-Qamar: 40).

Berkenaan dengan ayat tersebut, al-Qurthubi rahimahullah menyampaikan, “’Walaqad yassarnal qur’aana lidz-dzikri [Dan telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk peringatan]’, yakni Kami mudahkan ia untuk dihafal dan Kami membantu orang-orang yang ingin menghafalnya.”

Itulah kenapa, al-Qur’an yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan begitu banyak baris-baris ayatnya, ada orang yang diberi kemampuan menghafalnya dalam waktu satu atau dua tahun, atau bahkan lebih singkat dari itu. Bahkan, di antara mereka yang menghafalkannya itu tidak sedikit yang usianya masih anak-anak.

Apakah karena faktor kecerdasan yang luar biasa dari para penghafal itu? Ternyata, faktor yang paling penting dalam menghafal al-Qur’an adalah kuatnya keinginan dan keikhlasan dalam menghafalkan al-Qur’an.

Semoga semakin besar niat kita untuk terus belajar dan mempelajari al-Qur’an. Semoga kita senantiasa dalam hidayah-Nya. Allaahumma aamiin.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Leave a Reply

Your email address will not be published.