Informasi Penting
  • 3 bulan yang lalu - Khusus bagi santri yatim dan dhuafa, mendapatkan beasiswa penuh alias gratis, termasuk biaya sekolah Tsanawiyah atau SMP.
  • 3 bulan yang lalu - Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin menerima santri mukim usia SLTP. Segera daftar sebab kuota terbatas.
WAKTU :

WAKTU SHALAT, Saturday, 12 06 2021 June 2021 >

IMSYAK 04:02
SUBUH 04:16
DZUHUR 11:45
ASHAR 15:06
MAGHRIB 17:57
ISYA 18:55
Diterbitkan :
Kategori : Motivasi
Komentar : 0 komentar

Santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin sedang menghafal al-Qur’an.

Ternyata, jawabannya adalah mudah. Allah Swt. memudahkan kaum muslimin yang ingin menghafalkan al-Qur’an.

“Dan sungguh, telah kami mudahkan al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. al-Qamar: 40).

Berkenaan dengan ayat tersebut, al-Qurthubi rahimahullah menyampaikan, “’Walaqad yassarnal qur’aana lidz-dzikri [Dan telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk peringatan]’, yakni Kami mudahkan ia untuk dihafal dan Kami membantu orang-orang yang ingin menghafalnya.”

Itulah kenapa, al-Qur’an yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan begitu banyak baris-baris ayatnya, ada orang yang diberi kemampuan menghafalnya dalam waktu satu atau dua tahun, atau bahkan lebih singkat dari itu. Bahkan, di antara mereka yang menghafalkannya itu tidak sedikit yang usianya masih anak-anak.

Apakah karena faktor kecerdasan yang luar biasa dari para penghafal itu? Ternyata, faktor yang paling penting dalam menghafal al-Qur’an adalah kuatnya keinginan dan keikhlasan dalam menghafalkan al-Qur’an.

Semoga semakin besar niat kita untuk terus belajar dan mempelajari al-Qur’an. Semoga kita senantiasa dalam hidayah-Nya. Allaahumma aamiin.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

SebelumnyaKalender 2018 Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin SesudahnyaSantri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin Juara 1 Tahfidz Tingkat Kecamatan Kalasan
Penerimaan Santri Baru Tahun Ajaran 2021/2022
Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin yang berlokasi di Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali membuka pendaftaran untuk penerimaan santri baru tahun ajaran 2021/2022. Khusus untuk santri yatim dan/atau...
Latihan Khitobah: Menjadi Penghafal Qur’an yang Sekaligus Bagus dalam Berdakwah
Di samping menghafal Qur’an, membaca kitab kuning, santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin juga dilatih khitobah. Secara bahasa, khitobah berasal dari akar kata khataba, yakhtubu, khutbatan, atau khitobatan, yang berarti berkhutbah...
Santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin Lulusan Terbaik di Sekolah
Alhamdulillaah…, selamat dan sukses kepada Sdr. Rijal Arief Nur Rohman dan Sdr. Aji Purnomo, santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin, sebagai Siswa Berprestasi dan Lulusan Terbaik 1 & 2 MTs Raudhatul...
Selamat Idul Fitri 1441 H
Bersama santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin. Taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya Karim.
Hati yang Berisi al-Qur’an
Nabi Sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Sesungguhnya orang yang di dalam hatinya tidak ada sedikit pun al-Qur’an, maka ia ibarat rumah yang roboh.” (HR. at-Tirmidzi). Nabi mengibaratkan hati yang di dalamya...


TINGGALKAN KOMENTAR