Alhamdulillah, Santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin Rata-Rata 1 Tahun Hafal 5 Juz

Santri sedang muraja'ah di Masjid Al-Muhtadin.
Santri sedang muraja’ah di Masjid Al-Muhtadin.

Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin, yang berada di Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, dalam membimbing para santri untuk menghafal al-Qur’an sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Dalam masa bimbingan selama satu tahun, Rumah Tahfidz yang dikelola oleh Yayasan Cinta Qur’an ini, rata-rata santri berhasil menghafal 5 juz. Ini termasuk ada santri yang ketika masuk Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin belum bisa membaca al-Qur’an sama sekali. Dimulai dari bimbingan cara membaca al-Qur’an dengan baik, terus-menerus dibangun semangatnya, dan disiplin, akhirnya santri tersebut dalam waktu setahun sudah hafal lima juz.

Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari metode dan kesabaran yang dilakukan oleh Ustadz Muhammad Aufal Minan, alumnus Pondok Pesantren Al-Qur’an “Arroudlotul Mardliyyah” Kudus. Ustadz Aufal sendiri, demikian biasanya dipanggil, menghafalkan 30 juz al-Qur’an di pesantrennya selama 2 tahun. Semangat bisa menghafalkan al-Qur’an selama 2 tahun ini juga menular kepada para santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin dalam menghafalkan al-Qur’an.

Para santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin, di samping berkegiatan rutin menghafal al-Qur’an, mereka juga bersekolah. Saat ini rata-rata sekolah di Madrasah Tsanawiyah Roudlotul Muttaqien, yang gedung sekolahnya hanya berjarak sekitar 100 meter dari Rumah Tahfidz.

 

Program Tahfidz Camp 10 Hari Menghafal Al-Qur’an

Bahkan, di Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin ada Program Tahfidz Camp 10 Hari Menghafal Al-Qur’an. Dalam Ramadhan 1439 H. kemarin program ini dimulai. Selama 10 hari para santri dikarantina dan dibimbing secara intensif. Kegiatan pokoknya hanya menghafal al-Qur’an. Alhamdulillah, seluruh santri yang mengikuti program ini berhasil hafal 1 juz, bahkan ada yang lebih.

 

Santri Program Tahfidz Camp 10 Hari Menghafal al-Qur’an.

 

Program ini rencananya tidak hanya digelar pada bulan Ramadhan saja, melainkan juga pada liburan sekolah. Semoga dengan adanya program ini, anak-anak yang tidak bisa tinggal di Rumah Tahfidz, saat liburan sekolah bisa ikut menghafal al-Qur’an secara intensif ketika liburan di Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin.

 

Santri Sering Dilatih Tampil Menghafalkan Al-Qur’an

Santri Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin, di samping dibimbing menghafal al-Qur’an dalam jadwal muraja’ah dan sima’an harian, santri juga diberikan jadwal untuk menghafalkan al-Qur’an di pengajian-pengajian yang dilaksanakan di Masjid Al-Muhtadin. Hal ini dimaksudkan agar para santri terpacu semangatnya untuk menghafal karena mempunyai tanggung jawab untuk tampil di pengajian.

Berikut beberapa dokumentasi ketika santri menghafal di pengajian yang dilaksanakan di Masjid Al-Muhtadin.

 

Santri menghafal di pengajian rutin Ahad Pagi akhir bulan.

 

Santri menghafal tiap jelang maghrib di Ngaji Rutin Kamis Malam Jum’at.

 

Santri menghafal di Pengajian Maulid Nabi.

 

Santri bersama pengasuh dan pengurus saat pembukaan sima’an di Peringatan Isra’ Mi’raj.

 

Semoga para santri semakin bersemangat menghafal al-Qur’an dalam rangka menggapai ridha Allah Swt. Semoga para dermawan yang memberikan sebagian rezekinya untuk Rumah Tahfidz Masjid Al-Muhtadin mendapatkan keberkahan dari Allah Swt., baik di dunia maupun di akhirat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *