Hafalan Santri Dipantau, Agar Semakin Berprestasi

Rumah Tahfidz549 Views

Di Rumah Tahfidz Cinta Qur’an, perkembangan hafalan santri setiap hari dicatat dalam sebuah Buku Setoran Hafalan Santri. Ada dua macam setoran hafalan. Yakni, setoran hafalan baru dan setoran hafalan murajaah. Setoran hafalan yang kedua ini penting agar hafalan lama atau yang sudah dihafal santri tidak lupa ketika hafalan barunya semakin bertambah.

Buku Setoran Hafalan Santri.

Dari buku ini dapat diketahui apakah seorang santri dalam menghafalkan al-Qur’an lancar atau lambat. Apabila lancar tentu penting untuk terus diberikan motivasi agar hafalannya terjaga, bahkan meningkat. Sebaliknya, apabila kemampuan menghafal santri menurun, tentu perlu dicari penyebabnya dan diberikan bantuan agar lebih baik lagi dalam menghafalkan al-Qur’an.

Para santri Rumah Tahfidz Cinta Qur’an bersama Ust. Muhammad Sibawih.

Secara berkala, yakni tiga bulan sekali, berdasarkan Buku Setoran Hafalan Santri, akan dihitung dan ditentukan 3 orang santri yang perkembangan hafalannya baik. Bagi santri yang terpilih akan diberikan hadiah. Hal ini agar santri senang dan semakin bersemangat. Bagi santri yang belum terpilih, agar termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi. Dan, sudah barang tentu, diberikan pemahaman kepada santri bahwa motivasi utama bukan karena hadiah, tetapi mengharap ridha Allah Swt.