Fadhilah Membaca dan Menghafal al-Qur’an

Motivasi233 Views

Orang yang senang membaca al-Qur’an, apalagi menghafalkannya, akan mendapatkan fadhilah yang sangat besar dari Allah Swt. Hal ini memang karena al-Qur’an adalah kitabullah yang sangat istimewa.

Ustadz Muhammad Sibawih, S.Ag. (Al-Hafidz), pada kajian rutin Rumah Tahfidz Cinta Qur’an (Sabtu, 2/7/2022), menyampaikan fadhilah yang akan didapatkan bagi orang yang senang membaca dan menghafal al-Qur’an.

Mendapatkan Syafaat al-Qur’an

Nabi Muhammad Saw menganjurkan kepada kita untuk memperbanyak membaca al-Qur’an agar kelak mendapatkan syafaat al-Qur’an. Beliau Saw bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

“Bacalah al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya.” (HR. Muslim).

Apalagi orang yang menghafal al-Qur’an, otomatis ia akan mengulang-ulang dalam membaca al-Qur’an.

Mendapatkan Syafaat bagi Diri dan Keluarganya

Orang yang membaca al-Qur’an dan menghafalkannya akan mendapatkan fadhilah yang lebih besar lagi, bukan hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk sepuluh keluarganya.

Nabi Muhammad Saw bersabda:

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَدْ اسْتَوْجَبُوا النَّارَ

“Barang siapa yang membaca al-Qur’an dan menghafalkannya, maka Allah masukkan ia ke surga, dan memberikan syafaat kepadanya sepuluh dari keluarganya yang semua divonis masuk neraka.” (HR. Ibnu Majah).

Betapa besar fadhilah bagi orang yang senang membaca dan menghafal al-Qur’an. Semoga kita termasuk di dalamnya. Penuh berkah hidup di dunia dan bahagia di akhirat. Allaahumma aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.