Tips Penting dalam Menghafal al-Qur’an

Motivasi222 Views

Bagaimana menghafal al-Qur’an dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama?

Ustadz Muhammad Sibawih, pembimbing tahfidz di Rumah Tahfidz Cinta Qur’an, Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman, pada Kajian Rutin hari Sabtu sore (2/7/2022), menyampaikan tips penting dalam menghafal al-Qur’an.

1. Tersenyum bahagia
Ini penting dilakukan sebelum menghafal al-Qur’an. Tersenyum bahagia bisa memicu keluarnya hormon endorfin dan serotonin. Hormon ini membuat suasana hati baik dan rasa senang; sehingga menghafal al-Qur’an lebih mudah fokus dan semangat.

2. Minum air putih
Hampir 70% otak manusia tersusun atas air. Bila kadar air tidak tercukupi bisa saja mempengaruhi kerja otak, misalnya tidak mudah konsentrasi. Oleh karena itu, minum air putih yang cukup sangat penting bagi para penghafal al-Qur’an.

3. Memilih tempat
Tempat yang bersih dan tenang sangat berpengaruh agar lebih mudah berkonsentrasi dalam menghafal al-Qur’an.

4. Memilih waktu
Kapan saja seseorang bisa menghafal al-Qur’an. Tapi, waktu yang paling utama adalah waktu subuh. Ini terutama ketika akan menambah hafalan baru. Bisa sebelum shalat Shubuh atau setelah jamaah shalat Shubuh.

5. Memilih guru
Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menghafal al-Qur’an adalah memilih guru. Agar setiap ayat yang kita hafal terbimbing oleh guru. Bimbingan guru ini penting karena guru kita dahulunya juga dibimbing oleh guru, yang terus sambung-menyambung guru, hingga para sahabat, lalu Nabi Muhammad Saw.

Demikian di antara tips penting dalam menghafal al-Qur’an. Semoga kita semua diberi pertolongan dan kemudahan oleh Allah Swt. dalam menghafal al-Qur’an. Aamiin