Rihlah TPA Tahfidz “Cinta Qur’an” di Monumen Plataran

TPA Tahfidz947 Views

Dalam rangka penyegaran sekaligus edukasi bagi para santri, TPA Tahfidz Cinta Qur’an, Perum Purwomartani Baru, pada Sabtu (6/1/24) mengadakan rihlah ke Monumen Plataran, Selomartani, Kalasan, Sleman. Para santri tampak senang sekali karena rihlah menuju monumen ini dilakukan dengan naik kereta kelinci.

Bagi para santri yang masih PAUD dan TK kecil didampingi orangtuanya ketika naik kereta kelinci. Sedangkan para santri yang sudah TK besar dan SD didampingi dan diawasi para ustadz/ustadzah bersama kakak-kakak santri Rumah Tahfidz Cinta Qur’an yang ikut serta kegiatan ini.

Doa bersama sebelum berangkat dipimpin Ust. Muhaimin.
Ust. Sibawih dan Ust. Muhaimin mengecek kesiapan sebelum kereta kelinci berangkat.

Udara pagi yang terasa segar karena gerimis semalam yang masih basah, Pkl. 07.30 pagi, rombongan rihlah dengan dua kereta kelinci berangkat dari Masjid Al-Muhtadin. Sepanjang perjalanan naik kereta yang berjalan pelan para santri, orangtua pendamping, dan para ustadz/ustadzah, tampak gembira.

Sesampai di lokasi, setelah menata barang dan bawaan, para santri mendapatkan penjelasan dari Bpk. Rusman Jamal tentang sejarah perjuangan anak bangsa yang tergabung di Taruna Militer Akmil dalam melawan penjajah yakni Belanda. Para santri menyimak dengan saksama dan tampak antusias. Semoga para pahlawan yang gugur mendapatkan tempat yang baik di sisi-Nya.

Para santri mendengarkan dengan saksama penjelasan dari Bpk. Rusman Jamal tentang perjuangan di Plataran dalam melawan penjajah.

Setelah mendapatkan edukasi perjuangan bangsa, para santri bersama para ustadzah melakukan game dalam rangka mengasah konsentrasi, kepedulian, dan kebersamaan. Tentu saja ini game dilakukan dengan riang gembira. Di antara para santri berkomentar, “Seru,” katanya.

Game para santri dipimpin Ustadzah Zulaikhah dan para ustadzah lainnya.
Melatih konsentrasi dalam sebuah permainan yang seru.
Bergerak bersama dalam adu cepat yang menyenangkan.
Satu… dua… tiga… hap…
Lalu makan bersama betapa nikmatnya.

Setelah acara game, dilanjut dengan makan bersama, kemudian kado silang. Kebetulan juga pada hari itu ada santri yang ulang tahun, yakni Mbak Najma. Semua yang hadir mendoakan Najma dan mengucapkan selamat. Semoga sehat selalu, panjang umur, tambah pinter, dan semakin shalihah. Aamiin.

Dari kiri ke kanan: Ustdz Isna, Ustdz Iib, Ustdz Muslimah, Ustdz Zulaikhah, Ustdz Party, Ustdz Sri Sartini, Ustdz Imamah, dan Ust Muhaimin Azzet.
Keluarga besar TPA Tahfidz Cinta Qur’an, Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman.

Tepat Pkl. 10.00 acara diakhiri dan rombongan rihlah naik kereta kelinci lagi untuk kembali ke Masjid Al-Muhtadin. Alhamdulillaah, kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Sebagian para santri berkomentar ingin diadakan kegiatan naik kereta kelinci lagi di lain hari. Insya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *