Menjadi Muslim Terbaik dengan al-Qur’an

Inspirasi795 Views

Dari Utsman bin Affan r.a. berkata, bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Imam Bukhari).

Tentu saja kita berkeinginan untuk menjadi muslim yang baik. Dan, muslim yang paling baik adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.

Ini dapat dipahami karena Allah Swt. berfirman:

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali ‘Imran: 110).

Sebagai umat terbaik, dan kitab al-Qur’an adalah kitab terbaik, maka mempelajari al-Qur’an adalah keniscayaan. Mari kita perhatikan firman Allah Swt. yang artinya berikut:

Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah dan Kitab yang menerangkan (al-Qur’an). Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (QS. al-Maa’idah: 15-16).

Dengan terus semangat belajar al-Qur’an dan mengajarkannya, semoga kita bersama keluarga, selamat dan bahagia, di dunia dan akhirat. Allaahumma aamiin.

Al-Faqir ila Rahmatillah,
Akhmad Muhaimin Azzet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *