Tips Belajar dan Menghafal Al-Qur’an dari Syekh Hussein Jaber

Inspirasi2041 Views

Syekh Hussein Jaber adalah adik kandung dari Allahuyarham Syekh Ali Jaber. Pada usia 15 tahun, Syekh Hussein Jaber sudah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. Sebelum berdakwah di Indonesia, Syekh Hussein menjadi imam masjid di Madinah selama 20 tahun, di samping juga sebagai pengajar Al-Qur’an.

Dalam kesempatan taushiyah “Meraih Kemuliaan dengan Al-Qur’an” di Masjid Al-Mujahidin, Japlaksari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Syekh Hussein menyampaikan juga tips penting bagi para santri dan siapa pun yang sedang belajar dan menghafal Al-Qur’an.

1. Hilangkan Bayangan bahwa Belajar dan Menghafal Al-Qur’an itu Sulit

Bayangan yang ada dalam pikiran seseorang bahwa belajar dan menghafal Al-Qur’an itu sulit akan membuatnya berat untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an. Sebaliknya, belajar dan menghafal Al-Qur’an itu mudah. Hal ini karena difirmankan langsung oleh Allah Swt:
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ
Artinya: “Dan sungguh, Kami jadikan Al-Qur’an itu mudah diingat…” (QS. Al-Qomar: 40).

2. Sengaja Meluangkan Waktu Secara Rutin Bersama Al-Qur’an

Dalam sehari kita punya waktu 24 jam. Hendaknya orang yang ingin berhasil dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an meluangkan waktu secara khusus. Satu jam, dua jam, silakan setiap orang bisa memilih waktunya dalam sehari untuk belajar dan menghafal Al-Qur’an. Bila untuk urusan dunia seseorang bisa berjam-jam meluangkan waktunya, ini untuk Allah, untuk akhirat, untuk surga, seharusnya kita bisa meluangkan waktu secara sungguh-sungguh dan disiplin.

3. Jangan Fokus kepada Hasil, Nikmati Perjuangan

Tidak sedikit orang yang belajar dan menghafal Al-Qur’an merasa capek dan putus asa ketika hasilnya tidak bisa-bisa atau tidak hafal-hafal. Sudah sekian bulan belajar atau menghafal kok tidak bisa-bisa, atau bisa tapi hanya di ayat atau surat itu-itu saja, tidak tambah-tambah, akhirnya berhenti. Nikmati perjuangan dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an. Nikmatilah bahwa setiap hurufnya berpahala. Bila diulang-ulang terus karena belum bisa-bisa maka betapa banyak pahalanya. Nikmatilah perjuangan dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an: bahwa selama waktu belajar dan menghafal maka selama itu pula waktu bersama Allah Swt. Betapa indahnya.

Semoga kita semua diberikan pertolongan oleh Allah untuk senang dan kemudahan dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an. Aamiin…

(Tips penting ini dipetik dari taushiyah Syekh Hussein Jaber dan ditulis ulang dalam redaksional Ust. Akhmad Muhaimin Azzet. Semoga bermanfaat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *